Wujud Pengabdian Masyarakat, BPS Kota Malang Lepas Mahasiswa PKL UM - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Malang

Informasi pengaduan dapat di sampaikan pada tautan https://www.lapor.go.id atau tautan https://lapor.bpskotamalang.id

Untuk Pelayanan Online BPS Kota Malang dapat mengakses tautan https://pelayanan.bpskotamalang.id

Wujud Pengabdian Masyarakat, BPS Kota Malang Lepas Mahasiswa PKL UM

Wujud Pengabdian Masyarakat, BPS Kota Malang Lepas Mahasiswa PKL UM

9 Agustus 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan lembaga pemerintahan non-departemen yang bertugas sebagai penyediaan data statistik berdasarkan Undang-undang No. 16 Tahun 1997. Disamping menjalankan peranannya dalam penyediaan data baik bagi pemerintah maupun sebagai pelayan masyarakat, BPS juga berperan dalam memberikan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik. Oleh karena itu, BPS Kota Malang mewujudkan pelayanan tersebut melalui penerimaan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan  (PKL) yang salah satunya datang dari Universitas Negeri Malang (UM).
Mahasiswa jurusan matematika UM ini melaksanakan PKL selama satu bulan dari tanggal 8 Juli hingga 9 Agustus 2019. Mereka dididik untuk melaksanakan tugas yang sama dikerjakan oleh pegawai BPS sehari-hari. Dalam hal ini mereka diperlakukan layaknya pegawai BPS sebagaimana mestinya sehingga mereka harus mengamalkan nilai-nilai profesional, integritas dan amanah sebagai nilai inti BPS. Ketiga mahasiswa ini ditempatkan pada berbagai seksi-seksi yang ada di BPS seperti Seksi Statistik Sosial, Seksi Statistik Produksi, Seksi Statistik Distribusi dan Jasa, Seksi Statistik Neraca dan Analisis Statistik serta Seksi Statistik Deseminasi Metodologi dan Informasi Statistik. 
Kemarin pada tanggal (9/8), Kepala BPS Kota Malang Drs. Sunaryo, M.Si didampingi Kepala Seksi Statistik Produksi melepas mahasiswa PKL UM yang berakhir genap satu bulan. Pelepasan tersebut dilakukan melalui kegiatan presentasi oleh mahasiswa UM mengenai ilmu yang telah ia dapatkan selama di BPS Kota Malang, serta memberikan pesan dan kesan demi perbaikan BPS Kota Malang kedepannya. Dalam sambutannya, Kepala BPS mengharapkan seluruh ilmu yang didapat diharapkan dapat dimanfaatkan dalam masyarakat karena mahasiswa dapat menjadi media pengenalan BPS kepada masyarakat luas. Kepala Seksi Statistik Produksi juga berpesan agar para mahasiswa dapat turut aktif menyebarluaskan aplikasi MBOISTATS agar bisa diakses masyarakat luas ketika membutuhkan data-data BPS. Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala BPS Kota Malang kepada mahasiswa UM yang telah menjalani proses pendidikan selama satu bulan lamanya.
Mahasiswa UM kemudian melakukan presentasi dengan menyampaikan ilmu yang telah dipelajari ketika melakukan PKL selama di BPS diantaranya membuat tabel dan grafik dari data luas panen Kota Malang tahun 2018, memeriksa perhitungan hasil survei pola distribusi perdagangan tahun 2019, mengidentifikasi kode KBLI produk pada form survei khusus neraca produksi, membuat berita kegiatan BPS mengenai sharig knowledge ekonomi dan perdagangan Kota Malang serta pertemuan rutin DWP di BPS Kota Malang, mengubah tabel statis menjadi tabel dinamis pada website BPS Kota Malang serta memperbarui data pada buku statistik daerah Kota Malang Dalam Angka Tahun 2019. Melalui kegiatan PKL ini, mahasiswa mampu mempraktikkan teori yang telah ia dapatkan di bangku perkuliahan. Mahasiswa UM merasa melalui program PKL ini ia dilatih untuk menjadi pribadi yang berdaya saing unggul dalam dunia kerja melalui penerapan jiwa profesional dan integritas tinggi dalam dunia kerja. Dalam pesan dan kesan yang ia sampaikan dalam acara penutupan tersebut jiwa tanggung jawab, disiplin serta berkinerja baik menjadi nilai penting yang ia pelajari untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Malang (BPS-Statistic Malang Municipality) Jl. Janti Barat No. 47 Malang 65148 Indonesia

Telp (0341) 801164

Faks (0341) 805871

Mailbox : bps3573@bps.go.id

Informasi Pengaduan: https://www.lapor.go.id atau https://lapor.bpskotamlang.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik